Kamis, 27 Oktober 2011

syukur

Dari yakinku teguh
Hati ikhlasku penuh
Akan karuniamu
Tanah air pusaka
Indonesia merdeka
Syukur aku sembahkan
KehadiratMu Tuhan

Dari yakinku teguh
Cinta ikhlasku penuh
Akan jasa usaha
Pahlawanku yang baka
Indonesia merdeka
Syukur aku hanjukkan
Ke bawah duli Tuhan

Dari yakinku teguh
Bakti ikhlasku penuh
Akan azas rukunmu
Pandu bangsa yang nyata
Indonesia merdeka
Syukur aku hanjukkan
KehadapanMu Tuhan
(syukur)

Penulis mengangkat tema cinta lagu nasional adalah tentang lagu syukur. Lagu yang diciptakan oleh H.Mutahar menceritakan tentang ucapan syukur seseorang terhadap Tuhan yang telah memberikannya berbagai macam nikmat khususnya nikmat merdeka dari penjajah yang telah diperjuangkan oleh para pejuang dimasa lalu.
Pada bait satu, penulis mendapatkan makna bahwa betapa besarnya karunia Tuhan yang telah diberikan untuk manusia. Sang pengarang lagu begitu percaya pada karunia dan kehadiran Tuhan. Kemerdekaan yang begitu sulit diperjuangkan pada masa lalu, kini dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Seharusnya masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan situasi sekarang yang telah merdeka dari penjajah dengan selalu berjuang dan bekerja keras untuk memajukan negeri ini.
Pada bait kedua, penulis mendapatkan makna betapa besarnya perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sang pengarang lagu sangat mengapresiasikan pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dimasa lalu.
Pada bait ketiga, sekali lagi penulis mendapatkan makna bahwa betapa besarnya karunia Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar